Kamis, 14 Mei 2015



KARYA TULIS
MATERI KIMIA KELAS X KURIKULUM 2013
    RUANG LINGKUP KIMIA DAN STRUKTUR ATOM   
TUT WURI HANDAYANI.png

KELOMPOK :2
     ARYO TRIVALDO PUTRA
     DINDA PUJI LESTARI
     FITROTUL MUBAROKAH
     GABRIELLA MONICA
     QODRIA UTAMI PUTRI
KELAS : XI.MIPA.1
MATA PELAJARAN : KIMIA
GURU PEMBIMBING : MERY MURDIANTI S.Pd

SMA NEGERI 1 PRABUMULIH
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

HALAMAN PENGESAHAN

Karya tulis ini telah disetujui oleh pembimbing dan disahkan oleh,
Kepala Sekolah Menengah Atas 1 Prabumulih Tahun Pelajaran 2014/2015
  Prabumulih, 25  Januari 2015.





      Pembimbing                                                                                                Wali Kelas


MERY MURDIANTI S.Pd                                                                        Trida Setyorini,S.Pd
NIP :                                                                                       NIP :  19850714 201001 2 027




Kepala Sekolah Menengah Atas 1 Prabumulih



Maashobirin,S.Pd, M.Si
                                                NIP : 19960201 198903  1 007


KATA PENGANTAR



            Segala  puji  hanya  milik  Allah SWT.  Shalawat  dan  salam  selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW.  Berkat  limpahan  dan rahmat-Nya penyusun  mampu  menyelesaikan  tugas karya tulis Kimia, Karya tulis ini membahas segala hal yang berkaitan dengan sktuktur atom,sistem periodik,ikatan kima dan terokimia.
            Kami sangat berharap karya tulis ini dapat membantu kita untuk memahami pelajaran kimia. Dalam pembuatan karya tulis ini, tidak sedikit hambatan yang kami hadapi. Namun kami menyadari bahwa kelancaran dalam pembuatan karya tulis ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan kerja sama kita semua, sehingga kendala-kendala kami dapat teratasi.
            Semoga karya tulis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para siswa. kami sadar bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu,  kepada  guru pembimbing  saya  meminta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan karya tulis  kami  di  masa  yang  akan  datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca.



                                                                                                                 
 Prabumulih, 20 April 2015

                                                                                                                             
                                                                                           
                                                                                                                           Penulis








DAFTAR ISI
                 
HALAMAN JUDUL....................................................................................................... 1
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................................ 2
KATA PENGANTAR ...................................................................................................  3
DAFTAR ISI.................................................................................................................... 4

BAB I PENDAHULUAN  .............................................................................................  6
    1.1   LATAR BELAKANG....................................................................................... 6
    1.2 RUMUSAN MASALAH .....................................................................................  6
     1.3 TUJUAN ...............................................................................................................  7
      I.4  Metode Penelitian................................................................................................ 7

BAB  II PEMBAHASAN................................................................................................ 8
A.    RUANG LINGKUP KIMIA................................................................................ 8
1. .Hakikat Ilmu Kimia........................................................................................... 8
  a.pengertian kimia................................................................................................ 8
  b.hakikat kimia..................................................................................................... 8
  c. Rangkuman....................................................................................................... 8

2.      Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari................................................................. 9

3.      Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan................................................................. 9
1. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Kedokteran................................................ 9
2. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Pertanian.................................................... 9
3. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Geologi....................................................... 10
4. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Biologi........................................................ 10
5. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Hukum....................................................... 10
6. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Mesin......................................................... 10
7. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Teknik Sipil............................................... 10
8. Manfaat ilmu kimia – Bidang Arkeologi.................................................... 11
9. Manfaat imu kimia – bidang kecantikan.................................................... 11

4.      Metode Ilmiah...................................................................................................... 11

1.      Pengertian Metode Ilmiah...................................................................... 11
2.      Langkah-Langkah Metode Ilmiah........................................................ 12


5.      Keselamatan Kerja di Laboratorium................................................................ 13
A. Tata Tertib di Laboratorium...................................................................... 13
B. Pemeliharaan, Penyimpanan, dan Penggunaan Bahan Kimia................ 14
C. Penanganan Neraca..................................................................................... 14
D. Penanganan Mikroskop atau Alat Optik Lainnya................................... 15
E. Jenis Bahaya Akibat Kerja di Laboratorium............................................ 15

B.     STRUKTUR ATOM.......................................................................................... 16

1.      Perkembangan Teori Atom................................................................................ 16
2.      Penemuan Partikel Subatom.............................................................................   18
3.      Struktur Atom..................................................................................................... 19
4.      Nomor Atom, Nomor Massa, dan Lambang Atom.......................................... 20
5.      Isotop, Isobar, Isoton, dan Isoelektronik........................................................... 22
6.      Model Atom Bohr.....................                                                                           23
7.      Model Atom Mekanika Kuantum..................................................................... 24

BAB III PENUTUP........................................................................................................ 26
       3.1 KESIMPULAN .................................................................................................  26
       3.2 SARAN ..............................................................................................................  26

LAMPIRAN FOTO........................................................................................................ 27

DAFTAR  PUSTAKA................................................................................................... 29






BAB 1 PENDAHULUAN
                                     
1.1              LATAR BELAKANG
 Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.
Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.
             Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.
     Atom berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tak dapat dibagi-bagi lagi pertama kali diajukan oleh para filsuf India dan Yunani. Pada abad ke-17 dan ke-18, para kimiawan meletakkan dasar-dasar pemikiran ini dengan menunjukkan bahwa zat-zat tertentu tidak dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi menggunakan metode-metode kimia. Selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa 'atom' tidaklah tak dapat dibagi-bagi lagi. Prinsip-prinsip mekanika kuantum yang digunakan para fisikawan kemudian berhasil memodelkan atom.

1.2              RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan kimia dan hakikat kimia ?
2.      Bagaimana Peranan Ilmu Kimia dalam Kehidupan ?
3.      Bagaimana Perkembangan Teori Atom ?

4.      Apa yang dimaksud dengan Nomor Atom Dan Nomor Massa ?

5.      Apa yang dimaksud dengan Isotop, Isobar, dan Isoton ?
6.      Bagaimana Model Atom Bohr dan Model Atom Mekanika Kuantum ?

1.3       TUJUAN    
1.      Dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan kimia dan hakikat kimia.
2.      Dapat mengetahui Peranan Ilmu Kimia dalam Kehidupan.
3.      Menganalisis Perkembangan Teori Atom.
4.      Dapat menetahui Apa yang dimaksud dengan Nomor Atom Dan Nomor Massa
5.      Dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan Isotop, Isobar, dan Isoton.
6.      Manganalisis Model Atom Bohr dan Model Atom Mekanika Kuantum.

1.4       METODE PENELITIAN  
            Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode observasi tidak langsung yaitu penulis mencari bahan – bahan dalam karya ilmiah ini dari buku dan dari internet. Jadi, kami hanya menggunakan satu metode saja karena terbatasnya waktu pengerjaan yang terlalu singkat.
                       





















BAB II PEMBAHASAN


A.   RUANG LINGKUP KIMIA

1.      Hakikat Ilmu Kimia
a.pengertian kimia
Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.
b.hakikat kimia
Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.

c. Rangkuman
1. Tata tertib di laboratorium di antaranya:

·                     Tidak diperkenankan makan dan minum di dalam laboratorium.
·                     Bekerja di laboratorium hendaknya memakai jas laboratorium.
·                     Jika ada alat yang rusak atau pecah, hendaknya dengan segera dilaporkan kepada guru . Dan lain-lain.
2. Penyimpanan bahan kimia perlu memperhatikan hal-hal berikut, di antaranya.

·                     Jangan mengisi botol-botol sampai penuh
·                     Bahan kimia yang dapat bereaksi hebat hendaknya jangan disimpan berdekatan. Dan lain-lain.
3. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan zat-zat kimia, di antaranya:

·                     Tabung reaksi yang berisi zat kimia tidak boleh diarahkan ke wajah sendiri/orang lain.
·                     Senyawa kimia tidak boleh dicium/dibau.
4. Neraca setiap tahun harus ditera untuk dapat mempertahankan ketelitiannya.
5. Mikroskop hendaknya selalu tersimpan dalam kotaknya dan disimpan dalam lemari yang terkunci.
6. Bahaya akibat praktikum di laboratorium, di antaranya:
Bahaya radioaktif
Bahaya api
Bahaya biologi
Bahaya listrik
Bahasa mekanis
7. Pada beberapa kemasan bahan kimia tertera lambang-Iambang yang menunjukkan tingkat bahaya, misalnya: iritasi, beracun, mudah meledak, korosi, radioaktif, mudah terbakar.

2.      Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari
            Peran ilmu kimia untuk membantu pengembangan ilmu lainnya seperti pada bidang geologi, sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya telah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi; logam maupun minyak bumi. 

            Pada bidang pertanian, analis kimia mampu memberikan informasi tentang kandungan tanah yang terkait dengan kesuburan tanah, dengan data tersebut para petani dapat menetapkan tumbuhan/tanaman yang tepat. Kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tanaman dapat dipenuhi dengan pupuk buatan, demikian pula dengan serangan hama dan penyakit dapat menggunakan pestisida dan Insektisida. 

            Dalam bidang kesehatan, ilmu kimia cukup memberikan kontribusi, dengan diketemukannya jalur perombakan makanan seperti karbohidrat, protein dan lipid. Hal ini mempermudah para ahli bidang kesehatan untuk mendiagnosa berbagai penyakit. Interaksi kimia dalam tubuh manusia dalam sistem pencernaan, pernafasan, sirkulasi, ekskresi, gerak, reproduksi, hormon dan sistem saraf, juga telah mengantarkan penemuan dalam bidang farmasi khususnya penemuan obat-obatan.

3.      Peran Ilmu Kimia dalam Kehidupan
1. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Kedokteran

Manfaat ilmu kimia yang pertama pada kehidupan manusia adalah dalam bidang kedokteran. Untuk membantu penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, digunakan obat-obatan yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi.

2. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Pertanian

Mungkin Anda bingung, apa hubungan antara ilmu kimia dan bidangpertanian, lalu apa manfaat ilmu kimia bagi bidang pertanian? Baiklah, bukankah untuk mengembalikan kesuburan tanah, perlu dilakukan penambahan pupuk, sedangkan hama dapat diatasi dengan penambahan pestisida. Manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida harus dipahami sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Hal yang harus diingat adalah pupuk dan pestisida adalah “produk” dari ilmu kimia.

3. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Geologi

Bidang ini berkaitan dengan penelitian batu-batuan (mineral) dan pertambangan gas dan minyak bumi. Proses penentuan unsur-unsur yang menyusun mineral dan tahap pendahuluan untuk eksplorasi, menggunakan dasar-dasar ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam bidang ini untuk membantu memahami serta mengerti temuan para peneliti tentang bebatuan atau “benda-benda” alam.
                                 
4. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Biologi

            Bidang ini khusus mempelajari tentang makhluk hidup (hewan dan tumbuhan). Proses kimia yang berlangsung dalam makhluk hidup meliputi pencernaan makanan, pernapasan, metabolisme, fermentasi,fotosintesis dan lain-lain. Untuk mempelajari hal tersebut, diperlukan pengetahuan tentang struktur dan sifat senyawa yang ada, seperti karbohidrat, protein, vitamin, enzim, lemak, asam nukleat dan lain-lain. Meskipun secara umum, bidang ini lebih erat kaitannya dengan ilmu biologi, namun manfaat ilmu kimia juga nyatanya sedikit banyak berpengaruh dalam bidang biologi ini.

5. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Hukum
                              
            Anda bingung apa kaitan bidang hukum dengan ilmu kimia? Bidanghukum secara langsung memang tidak ada hubungan dengan ilmu kimia, namun manfaat ilmu kimia dalam bidang hukum ini dapat dirasakan ketika diberlakukannya pemeriksaan peralatan buktikriminalitas (kriminologi). Bagian tubuh tersangka dapat diperiksa dengan memeriksa struktur DNA-nya karena struktur DNA setiap orang berbeda-beda. Pemeriksaan ini melibatkan ilmu kimia.

6. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Mesin

            Manfaat Ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatanmesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.

7. Manfaat Ilmu Kimia – Bidang Teknik Sipil
                                                                                     
            Bahan-bahan yang digunakan dalam bidang ini adalah semen, kayu, cat, paku, besi, paralon (pipa PVC), lem dan sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu kimia. Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah agar bahan-bahan bangunan tersebut dapat diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat meminimalisir kecelakaan dikemudian hari.
            Melihat begitu banyaknya kaitan antara ilmu kimia dan bidang-bidang kehidupan manusia, maka  sangatlah jelas bahwa  manfaat ilmu kimiamemegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Kehadirannya menyeimbangkan kehidupan manusia untuk selaras dengan peningkatan kualitas hidup di muka bumi.

8. Manfaat ilmu kimia – Bidang Arkeologi
            Ilmu arkeologi identik dengan penelitian fosil fosil.contohnya para arkeolog memanfaatkan teknologi kimia bernama radioisotope karbon – 14 untuk mencari tahu
Usia fosil tersebut.
9. Manfaat imu kimia – bidang kecantikan           
            contohnya dapat kita temui pada kosmetik,shampoo,pembersih wajah,parfum dan lainnya.


4.      Metode Ilmiah

1.                 Pengertian Metode Ilmiah
Metode ilmiah atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai scientific method adalah proses berpikir untuk memecahkan masalah secara sistematis,empiris, dan terkontrol.
·         Metode ilmiah merupakan proses berpikir untuk memecahkan masalah
Metode ilmiah berangkat dari suatu permasalahan yang perlu dicari jawaban atau pemecahannya. Proses berpikir ilmiah dalam metode ilmiah tidak berangkat dari sebuah asumsi, atau simpulan, bukan pula berdasarkan  data atau fakta khusus. Proses berpikir untuk memecahkan masalah lebih berdasar kepada masalah nyata. Untuk memulai suatu metode ilmiah, maka dengan demikian pertama-tama harus dirumuskan masalah apa yang sedang dihadapi dan sedang dicari pemecahannya. Rumusan permasalahan ini akan menuntun proses selanjutnya.

·         Pada Metode Ilmiah, proses berpikir dilakukan secara sistematis
Dalam metode ilmiah, proses berpikir dilakukan secara sistematis dengan bertahap, tidak zig-zag. Proses berpikir yang sistematis ini dimulai dengan kesadaran akan adanya masalah hingga terbentuk sebuah kesimpulan. Dalam metode ilmiah, proses berpikir dilakukan sesuai langkah-langkah metode ilmiah secara sistematis dan berurutan.

·         Metode ilmiah didasarkan pada data empiris
Setiap metode ilmiah selalu disandarkan pada data empiris. maksudnya adalah, bahwa masalah yang hendak ditemukan pemecahannya atau jawabannya itu harus tersedia datanya, yang diperoleh dari hasil pengukuran secara objektif. Ada atau tidak tersedia data empiris merupakan salah satu kriteria penting dalam metode ilmiah. Apabila sebuah masalah dirumuskan lalu dikaji tanpa data empiris, maka itu bukanlah sebuah bentuk metode ilmiah.

·         Pada metode ilmiah, proses berpikir dilakukan secara terkontrol
Di saat melaksanakan metode ilmiah, proses berpikir dilaksanakan secara terkontrol. Maksudnya terkontrol disini adalah, dalam berpikir secara ilmiah itu dilakukan secara sadar dan terjaga, jadi apabila ada orang lain yang juga ingin membuktikan kebenarannya dapat dilakukan seperti apa adanya. Seseorang yang berpikir ilmiah tidak melakukannya dalam keadaan berkhayal atau bermimpi, akan tetapi dilakukan secara sadar dan terkontrol.
·         Langkah-Langkah Metode Ilmiah
Karena metode ilmiah dilakukan secara sistematis dan berencana, maka terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan secara urut dalam pelaksanaannya. Setiap langkah atau tahapan dilaksanakan secara terkontrol dan terjaga. Adapun langkah-langkah metode ilmiah adalah sebagai berikut:
1.                  Merumuskan masalah.
2.                  Merumuskan hipotesis.
3.                  Mengumpulkan data.
4.                  Menguji hipotesis.
5.                  Merumuskan kesimpulan.

·         Merumuskan Masalah
Berpikir ilmiah melalui metode ilmiah didahului dengan kesadaran akan adanya masalah. Permasalahan ini kemudian harus dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Dengan penggunaan kalimat tanya diharapkan akan memudahkan orang yang melakukan metode ilmiah untuk mengumpulkan data yang dibutuhkannya, menganalisis data tersebut, kemudian menyimpulkannya.Permusan masalah adalah sebuah keharusan. Bagaimana mungkin memecahkan sebuah permasalahan dengan mencari jawabannya bila masalahnya sendiri belum dirumuskan?

·         Merumuskan Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari rumusan masalah yang masih memerlukan pembuktian berdasarkan data yang telah dianalisis. Dalam metode ilmiah dan proses berpikir ilmiah, perumusan hipotesis sangat penting. Rumusan hipotesis yang jelas dapat memabntu mengarahkan pada proses selanjutnya dalam metode ilmiah. Seringkali pada saat melakukan penelitian, seorang peneliti merasa semua data sangat penting. Oleh karena itu melalui rumusan hipotesis yang baik akan memudahkan peneliti untuk mengumpulkan data yang benar-benar dibutuhkannya. Hal ini dikarenakan berpikir ilmiah dilakukan hanya untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan.

·         Mengumpulkan Data
Pengumpulan data merupakan tahapan yang agak berbeda dari tahapan-tahapan sebelumnya dalam metode ilmiah. Pengumpulan data dilakukan di lapangan. Seorang peneliti yang sedang menerapkan metode ilmiah perlu mengumpulkan data berdasarkan hipotesis yang telah dirumuskannya. Pengumpulan data memiliki peran penting dalam metode ilmiah, sebab berkaitan dengan pengujian hipotesis. Diterima atau ditolaknya sebuah hipotesis akan bergantung pada data yang dikumpulkan.


·         Menguji Hipotesis
Sudah disebutkan sebelumnya bahwa hipotesis adalah jawaban sementaradari suatu permasalahan yang telah diajukan. Berpikir ilmiah pada hakekatnya merupakan sebuah proses pengujian hipotesis. Dalam kegiatan atau langkah menguji hipotesis, peneliti tidak membenarkan atau menyalahkan hipotesis, namun menerima atau menolak hipotesis tersebut. Karena itu, sebelum pengujian hipotesis dilakukan, peneliti harus terlebih dahulu menetapkan taraf signifikansinya. Semakin tinggi taraf signifikansi yang tetapkan maka akan semakin tinggi pula derjat kepercayaan terhadap hasil suatu penelitian.Hal ini dimaklumi karena taraf signifikansi berhubungan dengan ambang batas kesalahan suatu pengujian hipotesis itu sendiri.

·         Merumuskan Kesimpulan
Langkah paling akhir dalam berpikir ilmiah pada sebuah metode ilmiah adalah kegiatan perumusan kesimpulan. Rumusan simpulan harus bersesuaian dengan masalah yang telah diajukan sebelumnya. Kesimpulan atau simpulan ditulis dalam bentuk kalimat deklaratif secara singkat tetapi jelas. Harus dihindarkan untuk menulis data-data yang tidak relevan dengan masalah yang diajukan, walaupun dianggap cukup penting. Ini perlu ditekankan karena banyak peneliti terkecoh dengan temuan yang dianggapnya penting, walaupun pada hakikatnya tidak relevan dengan rumusan masalah yang diajukannya.

5.      Keselamatan Kerja di Laboratorium
A. Tata Tertib di Laboratorium
            Tata tertib ini penting untuk menjaga kelancaran dan keselamatan bekerja/praktikum di dalam laboratorium. Berikut ini beberapa contoh tata tertib.

1.      Alat-alat serta bahan yang ada di dalam laboratorium tidak diperkenankan diambil keluar tanpa seizin guru.
2.      Alat dan bahan harus digunakan sesuai dengan petunjuk praktikum yang diberikan.
3.      Jika dalam melakukan percobaan tidak mengerti atau ragu-ragu, hendaknya segera bertanya kepada guru.
4.      Bekerja di laboratorium hendaknya memakai jas laboratorium.
Jika ada alat yang rusak atau pecah, hendaknya dengan segera dilaporkan kepada guru.
5.      Jika terjadi kecelakaan, sekalipun kecil, seperti kena kaca, terbakar, atau terkena bahan kimia, hendaknya segera dilaporkan ke guru.
6.      Etiket (label) bahan yang hilang atau rusak harus segera diberitahukan kepada guru, agar dapat segera diganti.
7.      Tidak diperkenankan makan, minum dan merokok di dalam laboratorium.
8.      Setelah selesai percobaan, alat-alat hendaknya dikembalikan ke tempat semula dalam keadaan bersih.
9.      Buanglah sampah pada tempatnya.
10.  Sebelum meninggalkan laboratorium, meja praktikum harus dalam keadaan bersih, kran air dan gas ditutup, dan kontak listrik dicabut.
B. Pemeliharaan, Penyimpanan, dan Penggunaan Bahan Kimia
            Untuk mencegah terjadinya bahaya yang tidak diinginkan, penyimpanan bahan kimia perlu memperhatikan hal-hal berikut.

1. Botol-botol yang berisi bahan kimia disimpan pada rak atau lemari yang disediakan khusus untuk itu.
2.Jangan mengisi botol-botol sampai penuh.
3.Jangan menggunakan tutup dari kaca untuk botol yang berisi basa, karena lama kelamaan tutup itu akan melekat pada botol dan susah dibuka.
4.Semua peralatan/gelas kimia yang berisi bahan kimia harus diberi label yang menyatakan nama bahan itu.
5.Bahan kimia yang dapat bereaksi hebat hendaknya jangan disimpan berdekatan.
6.Bahan-bahan kimia yang sangat beracun dan berbahaya hendaknya dibeli dalam jumlah kecil dan tanggai pembeliannya dicatat.
7.Semua bahan persediaan bahan kimia secara teratur diteliti.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan zat-zat kimia, yaitu:

1.      Tabung reaksi yang berisi zat kimia tidak boleh diarahkan ke wajah sendiri atau orang lain.
2.      Senyawa kimia tidak boleh dibau.
3.      Larutan kimia yang tertuang di meja praktikum atau di lantai dibersihkan segera dengan cara asam pekat dinetralkan dahulu dengan serbuk NaHC03. Basa kuat dinetralkan dahulu dengan serbuk NH4CI, kemudian ditambah air yang cukup.
4.      Larutan pekat yang tidak terpakai harus dibuang setelah diencerkan dengan air terlebih dahulu. Mulut tabung reaksi atau bejana, selama digunakan untuk pencampuran atau pemanasan tidak boleh ditengok langsung.
5.      Senyawa/zat kimia tertentu (asam kuat dan basa kuat) tidak boleh dicampur karena akan terjadi reaksi yang dahsyat, kecuali sudah diketahui pasti tidak menimbulkan bahaya.
6.      Penggunaan pelindung wajah sangat diperlukan jika menangani zat-zat/senyawa-senyawa kimia yang berbahaya, dan jangan mengembalikan zat/senyawa kimia yang terlanjur tertuang untuk dikembalikan ke botol asalnya.

C. Penanganan Neraca
            Pada umumnya sebuah laboratorium mempunyai satu atau lebih neraca. Alat ini merupakan alat yang mahal, dan umurnya bergantung pada cara menggunakannya dan bagaimana memeliharanya.
Umumnya laboratorium tidak mempunyai ruang tersendiri untuk neraca. Walaupun demikian, hendaknya diusahakan agar neraca itu mendapat tempat yang baik. Neraca itu harus berdiri di atas sebuah meja yang tahan getaran dan letaknya jangandekat jendela atau pintu yang sering kali dibuka.

Setiap tahun neraca hendaknya ditera, untuk dapat mempertahankan ketelitiannya. Setelah menimbang sesuatu, piring penimbang hendaknya dibersihkan. Jika ada zat yang tertumpah ketika sedang menimbang, segera piring neraca dicuci dengan air, lalu dikeringkan.
Ketika menimbang harus diusahakan agar daya beban yang telah ditentukan tidak dilampaui. Juga harus dijaga agar jumlah batu timbang tetap lengkap.

D. Penanganan Mikroskop atau Alat Optik Lainnya
            Mikroskop hendaknya selalu tersimpan dalam kotaknya dan disimpan dalam lemari yang terkunci. Ruang tempat menyimpan harus kering (tidak lembap). Kelembapan ruangan menyebabkan jamur mudah tumbuh pada lensanya. Untuk membuat ruangan itu kering, dalam lemari dipasang lampu yang selalu dinyalakan sebesar 25 watt. Sebaiknya keadaan lensa-lensa dan filter-filter secara teratur diperiksa, sehingga dapat diketahui sedini mungkin adanya jamur atau kotoran yang melekat pada lensa-lensa itu. Untuk membersihkan lensa digunakan kertas lensa khusus. Untuk membersihkan jamur yang melekat pada susunan lensa dalam sebaiknya diserahkan kepada seorang ahli.

E. Jenis Bahaya Akibat Kerja di Laboratorium
            Jika kalian bekerja/praktikum di laboratorium, seharusnya mengetahui bahaya akibat penggunaan alat dan bahan tersebut. Bahaya akibat praktikum di laboratorium di antaranya adalah:

1.      Bahaya radioaktif, contoh: penyakit akibat terkena bahan radioaktif.
2.      Bahaya api, contoh: luka terbakar api.
3.      Khusus pada kecelakaan akibat api, pada umumnya akibat kelengahan manusia atau tidak sepengetahuan manusia.
4.      Bahaya biologi, contoh: penyakit akibat menggunakan mikroorganisme/jasad renik.
5.      Bahaya listrik, contoh: terkena arus listrik.
6.      Bahaya mekanis, contoh akibat terkena alat- alat bergerak/berputar.

Klasifikasi penyebab timbulnya bahaya api dan jenis pemadam api untuk mengatasinya dapat dilihat pada tabel berikut.
No.
Klasifikasi Jenis Api
Jenis Pemadam Api yang Digunakan
1.
Api akibat listrik
Putuskan aliran listrik, C02, tidak boleh menggunakan air, atau cairan busa.
2.
Api akibat logam
Serbuk kering, selimut asbes.
3.
Api disebabkan oleh cairan: bensin, minyak tanah, spirtus, minyak goreng, dan parafin
Selimut basah, C02, cairan busa atau serbuk kering (serat asbes atau serat gelas).Air, C02 atau karung basah.
4.
Api disebabkan kayu, kertas, kain, karet, atau plastik



Pada beberapa kemasan bahan kimia tertera lambang- lambang yang menunjukkan tingkat bahaya, misalnya:

Lambang-lambang pada beberapa kemasan bahan kimia
1.      Iritasi, contoh: kloroform, alkohol, hidrogen peroksida.
2.      Beracun, contoh: sianida, arsen, merkuri.
3.      Mudah meledak, contoh: perklorat, permanganat.
4.      Korosi, contoh: asam-asam anorganik dan basa kuat.
5.      Radioaktif, contoh: uranium,plutonium, torium.
Mudah terbakar, contoh: gas metana, kerosin, belerang, fosfor, eter.

                                                   

B.   STRUKTUR ATOM

1.                 Perkembangan Teori Atom
Istilah atom bermula dari zaman Leukipos dan Demokritus yang mengatakan bahwa benda yang paling kecil adalah atom. Atom yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “atomos”,a artinya “tidak” dan tomos artinya “dibagi”. Model atommengalami perkembangan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan berdasarkan fakta-fakta eksperimen.
Walaupun model atom telah mengalami modifikasi, namun gagasan utama dari
model atom tersebut tetap diterima sampai sekarang. Perkembangan model atomdari
model atom Dalton sampai model atom mekanika kuantum yaitu sebagai berikut: 
a)      Model atom Dalton
Pada tahun 1803, John Dalton mengemukakan teorinya sebagai berikut:
Setiap unsur tersusun atas partikel-partikel kecil yang tidak dapat dibagi lagi yang disebut atom.
Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat yang sama, tetapi atom-atom dari unsur berbeda mempunyai sifat yang berbeda pula.
Dalam reaksi kimia tidak ada atom yang hilang, tetapi hanya terjadi perubahan susunan atom-atom dalam unsur tersebut.
Bila atom membentuk molekul, atom-atom tersebut bergabung dengan angka perbandingan yang bulat dan sederhana, seperti 1 : 1, 2 : 1, 2 : 3.
Model atom Dalton mempunyai beberapa kelemahan. Beberapa kelemahan itu diantaranya :
ü       Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi.
ü       Tidak dapat menjelaskan gaya gabung unsur-unsur. Misalnya, mengapa dalam
pembentukan air (H2O) satu atom oksigen mengikat dua atomhidrogen .

b)     Model atom Thomson
Setelah J.J. Thomson menemukan bahwa di dalam atom terdapatelektron, maka Thomson membuat model atom sebagai berikut:
Atom merupakan suatu materi berbentuk bola pejal bermuatan positif dan di dalamnya tersebar elektron-elektron (model roti kismis).
Atom bersifat netral, jumlah muatan positif sama dengan jumlah muatan negatif.
Model atom Thomson tidak bertahan lama. Hal ini disebabkan karenamodel atom Thomson tidak menjelaskan adanya inti atom.

c)      Model atom Rutherford
Setelah Rutherford menemukan inti atom yang bermuatan positif dan massa
atomnya terpusat pada inti, maka Rutherford membuat model atom sebagai berikut:
ü  Atom terdiri atas inti atom yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatifmengelilingi inti atom.
ü        Atom bersifat netral.
ü     Jari-jari inti atom dan jari-jari atom sudah dapat ditentukan
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan alam, ternyata modelRutherford juga memiliki kekurangan. Kelemahan mendasar dari model atomRutherford ialah “tidak dapat menjelaskan mengapa elektron yangberedar mengelilingi inti tidak jatuh ke inti”. Hal ini terjadi karena adanya gaya tarik menarik antara inti dan elektron. Dan menurut ahli fisika klasikpada massa itu (teori Maxwell), elektron yang bergerak mengelilingi Inti atomakan melepaskan energi dalam bentuk radiasi.
                                                                                                           
2.    Penemuan Partikel Subatom

Definisi
            Sebuah partikel subatomik adalah unit dari materi atau energi itulah membuat fundamental dari semua materi. Menurut teori atom modern, atom memiliki pusat, atau inti, yang disebut inti.
Atom terdiri dari inti yang sangat padat
            Dalam inti adalah partikel subatomik – proton dan neutron. Proton bermuatan positif partikel. Neutron adalah partikel netral. Sekitarnya inti adalah awan partikel subatom yang sangat kecil, yang disebut elektron. partikel Elektron bermuatan negatif. Tapi komponen partikel atom dasar tidak berarti hanya dikenal subatomik. Sebagai contoh, quark, muon, dan neutrino, yang membentuk partikel subatomik utama,
            Atom terdiri dari proton, netron, dan elektron, juga dikenal sebagai partikel subatom. Karena atom netral, jumlah elektron sama dengan jumlah proton. Elektron mengelilingi inti, yang terdiri dari proton dan neutron.
3.                 Struktur Atom
            Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik. Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion. Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.
            Istilah atom berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti tidak dapat dipotong ataupun sesuatu yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Konsep atom sebagai komponen yang tak dapat dibagi-bagi lagi pertama kali diajukan oleh para filsuf India danYunani. Pada abad ke-17 dan ke-18, para kimiawan meletakkan dasar-dasar pemikiran ini dengan menunjukkan bahwa zat-zat tertentu tidak dapat dibagi-bagi lebih jauh lagi menggunakan metode-metode kimia. Selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, para fisikawan berhasil menemukan struktur dan komponen-komponen subatom di dalam atom, membuktikan bahwa 'atom' tidaklah tak dapat dibagi-bagi lagi.[1] Prinsip-prinsip mekanika kuantum yang digunakan para fisikawan kemudian berhasil memodelkan atom. 
 Relatif terhadap pengamatan sehari-hari, atom merupakan objek yang sangat kecil dengan massa yang sama kecilnya pula. Atom hanya dapat dipantau menggunakan peralatan khusus seperti mikroskop penerowongan payaran. Lebih dari 99,9% massa atom berpusat pada inti atom, dengan proton dan neutron yang bermassa hampir sama. Setiap unsur paling tidak memiliki satu isotop dengan inti yang tidak stabil yang dapat mengalami peluruhan radioaktif. Hal ini dapat mengakibatkan transmutasi yang mengubah jumlah proton dan neutron pada inti. Elektron yang terikat pada atom mengandung sejumlah aras energi, ataupun orbital, yang stabil dan dapat mengalami transisi di antara aras tersebut dengan menyerap ataupun memancarkan foton yang sesuai dengan perbedaan energi antara aras. Elektron pada atom menentukan sifat-sifat kimiawi sebuah unsur dan memengaruhi sifat-sifat magnetis atom tersebut.
                                              





                                                                                                              
4.                 Nomor Atom, Nomor Massa, dan Lambang Atom
                              

·         Pengertian Nomor Atom Dan Nomor Massa

            Inti atom terdiri atas proton dan neutron. Kedua partikel penyusun inti ini
disebut nukleon
            Atom-atom suatu unsur mempunyai jumlah proton yang berbeda dengan atom unsur lain. Jumlah proton ini disebut nomor atom. Karena hanya proton yang merupakan partikel bermuatan di dalam inti, maka jumlah proton juga menyatakan muatan inti.
Susunan suatu inti atom dinyatakan dengan notasi sebagai berikut:
ZAX
Dengan:
X = lambang atau simbol atau tanda atom suatu unsur
Z = nomor atom
= jumlah proton (p) dalam inti atom
A = nomor massa
= jumlah proton (p) + jumlah neutron (n)

·         Pengertian Nomor Atom

Nomor atom menunjukkan jumlah muatan positif dalam inti atom (jumlah proton). Menurut Henry Moseley (1887–1915) jumlah muatan positif setiap unsur bersifat karakteristik, jadi unsur yang berbeda akan mempunyai nomor atom yang berbeda. Untuk jumlah muatan positif (nomor atom) diberi lambang Z.
Jika atom bersifat netral, maka jumlah muatan positif (proton) dalam atom harus sama dengan jumlah muatan negatif atau elektron.
Jadi, nomor atom Z = jumlah proton P = jumlah elektron e. Sehingga dapat dijabarkan sebagai berikut:
Z = np = ne
n = jumlah

·         Pengertian Nomor Massa

Berdasarkan hasil dari percobaan tetes minyak Millikan diketahui bahwa massa
elektron = 9,109 x 10–28 gram. Jika 1 satuan massa atom atau satu sma = massa 1 atom hidrogen = 1,6603 x 10–24 gram, maka:
massa 1 elektron = (9,109 x 10–28 )/ (1,6603 x 10–24) sma
= 5,49 x 10–4 sma
massa 1 elektron = 1/1.836 sma
Atom terdiri atas proton, neutron, dan elektron. Jadi,

*      Massa atom = (massa p + massa n) + massa e
Karena Massa elektron jauh lebih kecil dari pada massa proton dan massa neutron, maka massa elektron dapat diabaikan.
Dengan demikian:
Massa atom = massa p + massa n
Massa atom dinyatakan sebagai nomor massa dan diberi lambang A. Jadi nomor massa dihitung sebagai berikut:
Nomor massa = jumlah proton + jumlah neutron
Table 1. Massa Dan Muatan Partikel Proton, Neutron, dan Elektron
Partikel
Notasi
Massa, g
Rasio terhadap massa proton
Muatan
Satuan
Coulomb
Proton
p
1,673 x 10-24
1
+1
1,6 x 10-19
Neutron
n
1,675 x 10-24
1
0
0
Elektron
e
9,109 x 10-28
1/1,836
-1
1,6 x 10-19

Untuk mendapatkan jumlah n dalam inti atom dapat dihitung dengan cara berikut:
n = A  Z
Tabel 2. Jumlah Neutron Hidrogren, Fluorin dan Litium
Notasi
Unsur
Z
A
p
e
n
11H
hidrogen
1
1
1
1
1 – 1 = 0
919F
fluorin
9
19
9
9
19 – 9 = 10
37Li
litium
3
7
3
3
7        – 3 = 4


5.                 Isotop, Isobar, dan Isoton.

·         Pengertian Isotop, Isobar, Dan Isoton.

Atom-atom suatu unsur dapat mempunyai nomor massa atom yang berbeda, karena  jumlah neutron dalam atom tersebut berbeda. Selain itu, atom-atom yang berbeda dapat mempunyai nomor massa dan jumlah neutron yang sama.

·         Pengertian Isotop

Isotop adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang sama, namun mempunyai massa atom yang berbeda atau unsur-unsur sejenis yang memiliki jumlah proton sama, tetapi jumlah neutron berbeda. Diketahui bahwa Nomor atom merupakan identitas dari atom, sehingga setiap atom yang mempunyai nomor atom yang sama maka unsurnya pun sama.
Sebagai contoh, atom –atom yang memiliki isotop dapat dilihat pada tabel di bawah:

Contoh-Contoh Isotop

Unsur
Isotop
Hidrogen
11H,       12H,    13H
Helium
23He,     24He,
Karbon
612C,      613C,    614C
Nitrogen
714N,     715H
Oksigen
816O,      817O,    818O

Pengertian Isobar

            Isobar adalah atom-atom yang mempunyai nomor atom yang berbeda (nomor atom berbeda) namun memiliki massa atomnya sama. Contoh atom yang termasuk dalam isobar dapat dilihat pada tabel di bawah:

Contoh-Contoh Isobar

Unsur
Isobar
Hidrogen dan Helium
13H      dan    23He
Karbon dan Nitrogen
614C     dan    714N
Natrium dan Magnesium
1124Na  dan   1224Mg

·         Pengertian Isoton

 Isoton adalah atom-atom unsur berbeda (nomor atom berbeda) yang mempunyai jumlah neutron yang sama. Contoh atom yang termasuk dalam isoton dapat dilihat pada tabel di bawah:

Contoh-Contoh Isoton

Unsur
Isoton
Jumlah neutron
Hidrogen dan Helium
13H      dan    24He
2
Karbon dan Nitrogen
613C     dan    714N
7
Natrium dan Magnesium
1123Na  dan   1224Mg
12



6.      Model Atom Bohr

d)     Model atom Bohr
Pada tahun 1913, Niels Bohr mengemukakan pendapatnya bahwa elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan-lintasan tertentu yang disebut kulit atom. Model atom Bohr merupakan penyempurnaan dari model atom Rutherford.
Gagasan Neils Bohr :

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a5/Bohr_atom_model_English.svg/250px-Bohr_atom_model_English.svg.png
Elektron bergerak mengelilingi inti pada tingkat - tingkat energi tertentu
Dalam orbital tertentu, energi elektron adalah tetap. Elektron akan menyerap energi jika berpindah ke orbit yang lebih luar dan akan membebaskan energi jika berpindah ke orbit yang lebih dalam
Kelebihan model atom Bohr
Atom terdiri dari beberapa kulit untuk tempat berpindahnya elektron.
Kelemahan model atom Bohr
a. tidak dapat menjelaskan efek Zeeman dan efek Strack.
b. Tidak dapat menerangkan kejadian-kejadian dalam ikatan kimia dengan baik, pengaruh medan magnet terhadap atom-atom, dan spektrum atom yang berelektron lebih banyak.



7.      Model Atom Mekanika Kuantum
Model atom mekanika kuantum didasarkan pada:
        i.            Elektron bersifat gelombang dan partikel, oleh Louis de Broglie (1923).
      ii.            Persamaan gelombang elektron dalam atom, oleh Erwin Schrodinger; (1926).
    iii.            Asas ketidakpastian, oleh Werner Heisenberg (1927).          
      Menurut teori atom mekanika kuantum, elektron tidak bergerak pada lintasan
tertentu. Berdasarkan hal tersebut maka model atom mekanika kuantumadalah sebagai berikut :
Atom terdiri atas inti atom yang mengandung proton dan neutron, dan elektron-elektron mengelilingi inti atom berada pada orbital-orbital tertentu yang membentuk kulit atom, hal ini disebut dengan konsep orbital.
Dengan memadukan asas ketidakpastian dari Werner Heisenberg danmekanika gelombang dari Louis de Broglie, Erwin Schrodingermerumuskan konsep orbital sebagai suatu ruang tempat peluang elektron dapat ditemukan.
Kedudukan elektron pada orbital-orbitalnya dinyatakan dengan bilangan kuantum
                                                                                   
                     












­­­








BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
 Hakekat ilmu kimia adalah bahwa benda itu bisa mengalami perubahan bentuk, maupun susunan partikelnya menjadi bentuk yang lain sehingga terjadi deformasi, perubahan letak susunan, ini mempengaruhi sifat-sifat yang berbeda dengan wujud yang semula.
          Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya. Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron).
            Model atom Dalton memiliki kelebihan yaitu mulai membangkitkan minat terhadap penelitian mengenai model atom. Namun terdapat pula kelemahan yaitu teori atom Dalton tidak dapat menerangkan suatu larutan dapat menghantarkan arus listrik. Bagaimana mungkin bola pejal dapat menghantarkan arus listrik? padahal listrik adalah elektron yang bergerak.
                   
3.2 SARAN
            Bagi para pembaca karya tulis ini, sebaiknya tidak merasa puas, karena masih banyak ilmu-ilmu yang didapat dari berbagai sumber. Sebaiknya mencari sumber lain untuk lebih memperdalam materi mengenai Ruang Lingkup Kimia dan Struktur Atom.












LAMPIRAN FOTO

1.      Analytical Lab'12.jpg

2.      laboratorium767-1.jpg


3.      Sains Kimia.jpg

4.      https://chemistryoke.files.wordpress.com/2012/05/bohr2.png

5.      http://image.slidesharecdn.com/strukturatom-130818045818-phpapp02/95/struktur-atom-1-638.jpg?cb=1376801965

6.      https://musnainimusnaini.files.wordpress.com/2011/05/scx1.jpg

7.      http://4.bp.blogspot.com/-LDDRfpBnU3k/UBRKEeX1KPI/AAAAAAAAAU4/jA0bLUYuXuc/s1600/model+atom.PNG




DAFTAR PUSTAKA


                                                                                                                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar